Beberapa Penetapan Kelulusan (CPNS) 2018

Bagi para peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018, mengikuti tes untuk menjadi PNS pasti sangat dinanti-nantikan. Lalu bagaimana sih cara penetapan kelulusan akhir untuk para CPNS?

Seperti dikutip Okezone dalam buku Tim Garuda Eduka All-New Tes CPNS 2018/2019, Jakarta, Selasa (24/7/2018), kelulusan perserta ujian CPNS didasarkan pada nilai passing grade.

Apabila jumlah yang memenuhi nilai ambang batas kelulusan melebihi jumlah formasi jabatan, penentuan selanjutnya berdasarkan peringkat nilai tertinggi berurutan nilai berikutnya sampai dengan jumlah formasi yang telah ditetapkan.

Jika instansi menetapkan bagi jabatan tertentu hanya menyelenggarakan ujian kompetensi dasar maka berlaku:

1. Apabila jumlah pelamar yang mencapai nilai passing grade sama atau kurang dari jumlah alokasi formasi yang tersedia, pelamar yang memenuhi passing grade tersebut dinyatakan lolos.

Contoh: Formasi 50, peserta 100 orang, namun yang memenuhi passing grade hanya 40 orang. Dengan demikian yang dinyatakan lolos hanya 40 peserta tersebut, sisanya sebanyak 10 orang ditetapkan sesuai dengan poin 3 di bawah.

2. Apabila jumlah pelamar yang mencapai nilai ambang batas kelulusan melebihi jumlah alokasi formasi yang tersedia, penentuan kelulusan berdasarkan peringkat sesuai dengan jumlah formasi yang tersedia.

Contoh: Formasi 50, peserta 100 dengan 60 yang melampaui passing grade. Maka peserta yang dinyatakan lolos sebanyak 50 peserta dengan peringkat nilai tertinggi.

3. Apabila jumlah pelamar yang memenuhi passing grade kurang dari jumlah alokasi formasi yang ditetapkan, kekuarangan tersebut dapat diisi dari pelamar jabatan lain dengan kualifikasi pendidikan sama dan memenuhi passing grade berdasarkan peringkat sesuai dengan jumlah alokasi formasi yang tersedia

Sumber : https://economy.okezone.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.